March 2020

Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis pada Tumbuhan

Fotosintesis tumbuhan. Ketika kita melihat sebuah tumbuhan, pernahkan kita berpikir bagaimana cara mereka tumbuh dan berkembang? Perlukah juga tumbuhan makan? Ya, jawabannya adalah tumbuhan juga memerlukan makanan untuk tumbuh kembangnya. Lalu apakah makanan untuk tumbuhan? Apakah sama seperti kita yang perlu makan karbohidrat untuk bertahan hidup? Ataukah seperti hewan yang memerlukan rumput atau ikan untuk bertambah besar? Jawabannya tidak. Itulah mengapa fotosintesis terjadi, tumbuhan perlu bertahan hidup.

Pengertian Fotosintesis

Tumbuhan memiliki cara tersendiri untuk menghasilkan makanannya. Dan arti fotosintesis sendiri adalah proses tumbuhan dalam memasak makanannya sendiri inilah yang bisa kita sebut sebagai fotosintesis. Proses fotosintesis digambarkan sebagai berikut:

cahaya

6CO2 + 6H2O                                   C6H12O6  + 602

Proses fotosintesis selalu melibatkan cahaya. Kita bisa saja menggunakan cahaya lampu atau bohlam, namun cahaya matahari adalah cahaya yang paling efektif. Dari produk yang dihasilkan akan lebih maksimal dengan menggunakan cahaya matahari dan dari segi waktu, matahari mampu lebih cepat membantu proses fotosintesis dibandingkan dengan lampu atau bohlam. Tanaman juga akan tumbuh lebih segar dengan bantuan cahaya matahari.

Tumbuhan yang bisa melakukan fotosintesis hanyalah yang memiliki klorofil atau zat hijau dau, yang memberi warna pada daun. Contohnya adalah pohon mangga, avocado, jambu, jati, anggrek, dan bayam. Klorofil bertugas menyerap sinar matahari yang digunakan untuk fotosintesis tumbuhan.  Reaksi antara karbondioksida (Co2) dengan Air (H2O) yang dibantu oleh sinar matahari akan menghasilkan karbohidrat (C6H12O6) dan juga oksigen (O2). Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa ketika kita berada dibawah pohon, udaranya akan terasa lebih sejuk. Karena tumbuhan menyerap sisa kotoran pernapasan kita berupa karbondioksida dan juga menghasilkan oksigen yang kita butuhkan untuk bernapas, dan tentunya semakin dekat dengan pohon, maka oksigen yang kita hirup semakin segar dan lebih bersih.

Faktor yang mempengaruhi fotosintesis tumbuhan

  1. Kekuatan cahaya, tentu saja seperti uraian diatas, cahaya menjadi salah satu faktor penting fotosintesis tumbuhan. Matahari mampu menghasilkan cahaya yang maksimal, dengan waktu yang relative lebih cepat dan hasil yang lebih maksimal bagi pertumbuhan tumbuhan.
  2. Kadar air, terlalu sedikit atau terlalu banyak air juga tidaklah baik untuk proses fotosintesis. Air yang digunakan haruslah pas sesuai dengan kebutuhan.
  3. Banyaknya CO2 di udara, karena ini menjadi salah satu bahan fotosintesis, maka fotosintesis akan mengalami hambatan jika karbondioksida sedikit atau jarang-jarang.
  4. Suhu, ini berkaitan tentang zat-zat yang bekerja dalam proses fotosintesis. Jika suhu nya meningkat, kerja dari zat-zat tersebut juga akan meningkat.
  5. Klorofil, bertempat di kloroplas, sebagaimana tugasnya dalam menyerap cahaya, dengan sedikitnya klorofil maka tumbuhan akan lambat berfotosintesis dan bahkan bisa saja mati karena lebih dulu kehabisan energy sebelum sempat menyerap cahaya yang cukup.
  6. Nutrisi, unsur-unsur yang ada di tanah juga penting untuk menjaga kesuburan tumbuhan agar bisa melakukan fotosintesis tumbuhan dengan baik.
  7. Tahapan tumbuh kembang, ini merupakan factor genetik tumbuhan yang umumnya setiap tumbuhan memiliki waktu yang berbeda dalam proses tumbuh kembang. Semisal kecambah akan lebih cepat tinggi dibandingkan dengan pohon dewasa.
Tips Mengatasi Wajah Kusam

Tips Mengatasi Wajah Kusam

Siapa sih wanita yang menginginkan kulit kusam. Tentu sajah mempengaruhi penampilan, ujung-ujungnya tidak pede dan mengurung diri dalam kamar. Kulit kusam bukanlah masalah besar lagi asalkan dapat diatasi dengan benar. Biasanya kulit kusam disebakan oleh perawatan kulit yang tidak cocok, radikal bebas, kurang olahraga, kelelahan, dan pola hidup. Mari bersama-sama menyehatkan kulit dengan menerapkan tips mengatasi wajah kusam yang populer dan paling ampuh.

4 Tips Mengatasi Kulit Kusam Paling Ampuh

  1. Rutin Membersihkan wajah

Hal wajib dilakukan wanita setelah beraktivitas dari luar ruangan adalah membersihkan wajah. Idealnya, membersihkan wajah dilakukan dua kali sehari ketika pagi hari dan malam sebelum tidur. Membersihkan wajah akan mengangkat sisa kotoran, debu, dan polusi dari luar ruangan.

  1. Menggunakan Pelembab

Apabila ritual membersihkan wajah dengan cleanser selesai mulailah gunakan pelembab. Setiap orang memakai pelembab berbeda sesuai dengan jenis kulit. Misalnya kulit kering dapat mengaplikasikan pelembab dengan kandungan lanolin, gliserin, asam hialuronat, dan dimetikon.

  1. Andalkan Masker Alami

Masker alami tidak hanya murah, tetapi sangat berkhasiat dan aman digunakan setiap hari. Tampilan kulit kusam dan jerawat pun dapat tergantikan dengan kulit glowing nan cerah. Berikut ini rekomendasi masker alami terbaik.

  • Pepaya
    Masker pepaya disinyalir ampuh mengangkat sel kulit kusam dan melembabkan kulit kering.
  • Putih Telur

Efektif mengangkat komedo dan berbagai kotoran yang menempel pada pori-pori kulit.

  • Kunyit
    Berkhasiat mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, membuat kulit kenyal, dan sebagai perawatan anti aging terbaik.
  • Madu

Membantu membuat kulit lebih kenyal, menjadi bercahaya, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini.

  • Lidah Buaya

Gel lidah buaya efektif membuat kulit lebih cerah, menghaluskan kulit, dan menjaga kekenyalan kulit wajah.

  • Bengkuang

Sejak dulu menjadi bahan alami populer untuk menghaluskan, mencerahkan, dan mengangkat sel kulit mati pada kulit.

  1. Eksfoliasi Kulit

Selain masker kamu juga wajib melakukan eksfoliasi pada kulit alias scrubing. Manfaatnya mengangkat kotoran dan sel kulit mati, menyamarkan kerutan, dan mencerahkan kulit. Namun, eksfoliasi tidak dapat dilakukan setiap hari, menurut para ahli kecantikan sarannya hanya 1-2 kali seminggu.

Tips Perawatan Wajah Sebelum Tidur

Tips Perawatan Wajah Sebelum Tidur

Kulit wajah yang terawat sangat sedap dipandang dan lebih awet muda. Rata-rata anita mengidam-idamkan kulit sehat dan terawat maksimal. Jadi, jangan heran banyak kaum hawa melakukan berbagai macam perawatan kulit alias skin care. Salah satunya dengan melakukan perawatan sebelum terlelap. Berikut ini tips perawatan wajah sebelum tidur yang paling recommended.

Intip 5 Tips Perawatan Wajah Sebelum Tidur

  1. Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Pastikan wajah selalu dalam keadaan bersih sebelum tidur. Kamu wajib mencucinya menggunakan cleanser yang memiliki kandungan salicylic acid yang ampuh menangkal jerawat dan flek hitam yang sangat membandel.

Rekomendasi terbaik mencuci wajah setiap hari sebelum tidur supaya hasilnya kelihatan. Sebaiknya untuk mencuci muka setiap hari menggunakan facial foam karena aman bagi pemilik kulit sensitif.

  1. Menggunakan Toner Lebih Efektif

Toner dapat dikatakan sebagai salah satu skin care wajib bagi wanita. Manfaatnya tidak hanya digunakan sebagai pembersih make-up, tetapi dapat diaplikasikan setelah mencuci muka dengan cleanser. Pilihlah toner sesuai jenis kulit untuk menghindari efek samping.

  1. Aplikasikan Milk Cleanser

Penggunaan milk cleanser ini efektif kapan saja, baik itu setelah menggunakan make-up maupun usai mencuci wajah. Kandungan susu yang ada dalam milk cleanser sangat baik untuk menghapus kotoran, minyak, dan sisa make-up menempel.

  1. Rajin Mengeksfoliasi

Apabila kamu memiliki tipe kulit kering sebaiknya lakukan eksfoliasi sebelum tidur. Minimal 2 kali dalam seminggu. Adapun tujuan dari eksfoliasi agar sel kulit mati pada wajah dapat terkikis, jadi menumbuhkan sel kulit baru yang baik. Pilih bahan scrub yang tidak kasar dan aplikasikan dengan menggosok ke kulit wajah secara perlahan.

  1. Rajin Menggunakan Masker

Banyak dokter kecantikan menganjurkan untuk menggunakan masker satu kali dalam seminggu. Apabila menggunakan masker sebelum tidur, sebaiknya tidak menggunakan krim malam karena fungsi keduanya berbeda. Selain itu, alangkah baiknya menggunakan masker dari bahan alami seperti kunyit, tomat, bengkuang, oatmeal, atau baking soda.

  1. Rajin Menggunakan Moisturizer

Terakhir kamu bisa menggunakan pelembab wajah sesuai dengan jenis kulit. Pilihlah pelembab yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, lebih banyak mengandung bahan-bahan alamiah. Salah satu pelembab yang paling direkomendasikan yakni memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) karena bisa meregenerasi kulit.